Well… sudah lama rasanya tidak me-review buku. Saat ada mood nge-review eh kebetulan ada buku yang sudah lama bertengger di rak buku. Makin menarik nge-review karena penulisnya bukan orang sembarangan. Siapapun yang sering berseliweran di dunia maya sudah pasti mengenalnya.

Buku satu ini memang cocok dengan profesi saya saat ini. Eh, tetapi nggak tahu juga sih kalau ada yang tidak mengakui saya dengan profesi itu, hihi. Yap, apalagi kalau bukan blogger. Meskipun sebutan itu selalu mengarah pada salah satu platform blog, saya masih setia dengan wordpress. Lha, siapa yang nanya? Hihi…

Bagi yang penasaran, jangan buru-buru tutup tulisan saya ini. Tujuan dan harapan review ini agar blogger pemula bisa makin semangat. Dan yang sudah advanced, setidaknya bisa kembali mengulang atau mengingat kembali. Sehingga tidak menghasilkan kecongkakan apalagi merasa blogger senior sehingga tidak mau lagi belajar.

***

Judul: Blogging: Have Fun and Get The Money

Penulis: Carolina Ratri

Editor: Herlina P. Dewi

Penerbit: Stiletto Book

Tebal: 245 halaman

ISBN: 978-602-757-244-7

***

Blurb

Bagi seorang blogger, mempunyai blog yang mendatangkan pemasukan pasti jadi cita-cita. Sedangkan bagi brand, blogger semakin diperhitungkan untuk menjadi partner dalam strategi marketing mereka melalui kerja sama job review. Namun, untuk sampai ke tahap itu, kita perlu membekali diri dengan keterampilan yang cukup.

Pada akhirnya, akan banyak yang bisa kita dapatkan dari blog. Tak hanya untuk bersenang-senang dan dapat uang, tapi juga jejaring serta personal branding.

Review

Mengaku seorang blogger memang nggak mudah. Tak hanya urusan buat nama domain, edit template dan nulis semau-maunya. Semua yang ada di muka bumi ini memiliki aturan masing-masing. Bahkan hal sepele seperti bersin pun ada aturannya, bukan? Apalagi dengan blogging yang kini sudah menjadi trend hidup.

Carolina Ratri secara gamblang sudah menuangkan semua ide dan pengalaman serta hasil risetnya dalam buku Blogging: Have Fun and Get The Money.  Bahkan orang-orang yang beruntung dan menjadi bagian dalam buku ini pun bukan lagi blogger biasa. Mereka sudah memiliki kiprah yang patut diacungi jempol dalam dunia blogging.

Tak hanya itu, tips menentukan tema blog, mencari ide tulisan, teknik menulis yang baik, mempercantik tampilan blog hingga cara mendapatkan job review sebagai hal yang menjadi harapan bahkan tujuan kebanyakan blogger pun dijelaskan dengan rinci. Butuh aksi untuk mempraktekkannya saja.

Kesan yang Saya Harapkan Saat Membaca Buku Ini

Ekspektasi saya bahwa semua tentang dunia blogging dipaparkan dengan jelas. Bahkan saya sangat berharap penulis menampilkan cara menghitung ratecard. Tahu sendiri deh sekarang hal satu ini sering menjadi permintaan para advertiser saat menemukan blogger yang dianggap mau diajak kerja sama. Saya sih bisa saja googling tetapi ingin tahu juga cara penulis dalam menentukan ratecard. Selain itu, berharap penulis mengemukakan hal-hal terlarang bagi blogger pemain Adsense. Sebab, banyak sekali blogger pemula yang sudah menjadi pemain adsense tetapi lupa etika, seperti tidak menyebarluaskan blog-nya untuk menghindari “kejahatan klik”.

Kesan yang Saya Dapatkan Setelah Membaca Buku Ini

Well, penulis menampilkan cara menghitung ratecard tetapi diambil dari blogger senior juga. Pikir saya, siapa tahu ada cara yang lebih sederhana. Sesederhana cara saya mencintai, eh nggak nyambung banget, hehe. Dan saya juga tidak menemukan bagaimana etika seorang blogger yang bermain adsense. Hanya dijelaskan tata cara menjadi bagian dari program periklanan berdasarkan nilai jumlah klik tersebut. Penulis juga menceritakan soal SEO. Salah satu bidang dalam blogging yang entah mengapa membuat kebanyakan blogger mengalami kebingungan yang merata.

Intisari yang Saya Dapatkan dalam Buku Ini

Inti yang paling saya ingat adalah sebagai blogger harus memiliki kemampuan “merawat blog” dengan baik dan tentunya secara rutin. Sebagus apapun cara menulis kalau tidak dirawat sama saja bohong. Selalu update dan perluas networking. Nah, yang satu ini nih jleb bingits buat saya. Lho kenapa? Yap, karena saya sendiri mungkin sudah begitu lama hidup ngeblog hanya untuk mengejar rupiah. Maklum, saya terjun pertama kali memang sudah langsung dicekoki permasalahan seperti itu.

Satu lagi yang perlu diingat adalah kualitas konten. Jangan pernah sama sekali meremehkan nyawa dari blog ini. Tanpa konten blog tak aka nada apa-apanya. Konten yang baik akan mencirikan blogger seperti apa kita. And all of us know that content is king. Although SEO is must.

Apa Manfaat yang Saya Dapat dari Membaca Buku Ini

Banyak. Bahkan buku ini jadi pegangan saya saat akan membuat materi seminar blogging. Saya harus memiliki referensi semacam buku ini agar pengetahuan dan semangat ngeblog saya tidak hilang dengan banyak alasan.

Kalau Saya Ditakdirkan Bertemu dengan Penulisnya, Apa yang akan Saya Lakukan

Wah, kalau ini yang paling penting sih otomatis welfie dulu dengan penulisnya. Maklum, belum jodoh bertemu sejak mengenalnya beberapa tahun lalu. Bahkan sudah pernah menjadi “bos” saya di salah satu grup kepenulisan fiksi. Selain itu, saya akan “menguras” habis ilmu yang dimilikinya agar saya semakin terisi dan up to date tentang dunia blogging. Kalau perlu, saya ingin sekali punya buku duet dengan Mbak Carra, begitu sapaan akrab saya.

Berapa Rating Saya untuk Bukunya

Special for this great book, I give 4 of 5 stars.

***

Hmm… kalau masih penasaran? Bisa kontak Stiletto Book, ya!

Review Blogging Have Fun

ABOUT THE AUTHOR:

4 Comments on this article. Feel free to join this conversation.

  1. @kakdidik13 May 12, 2016 at 1:38 pm - Reply

    Bukunya emang top dan Blogger wajib untuk beli dan membaca bukunya serta mempraktekkan nya 🙂

    Salam dari Bojonegoro 🙂 MATOH

  2. Didno May 12, 2016 at 1:39 pm - Reply

    emang enak juga jadi blogger hehe

  3. andhikamppp May 13, 2016 at 5:38 pm - Reply

    Meskipun belum bisa dikatakan expert dalam dunia blog, tapi udh hampir 5 taun ngeblog. Dan paling susah itu emang “gimana dapetin duit dari blog”.

    Hahaha.

    Tapi, berhuung itu bukan tujuan utama. ga terlalu dipikirin juga sama saya 😀

  4. Titi Alfa Khairia August 10, 2016 at 4:44 pm - Reply

    Buku yang bagus mba amma, bikin semangat ngeblog 🙂

Leave A Response