Mengubah Masa Lalu Memang Tidak Bisa, Tetapi Bisa Mengubah Masa Depan

Review Brsibane: Pesan Cinta Terhalang

Judul: Brisbane

Penulis: Leyla Hana

Editor: Irawati Subrata dan Dian Hartati

Penerbit: DAR! Mizan

Tebal: 212 halaman

ISBN: 978-602-242-492-5

***

Blurb

Membuat larut dalam cerita yang sederhana, tapi manis dan menyentuh. Beberapa bagian membuat saya tertawa, teringat kalau saya dulu pernah segila itu. Wonderful story! – Octaviani Nurhasanah, Blogger dan Penulis

***

Lagi-lagi membaca novel Leyla Hana, yang karyanya hampir semua saya sudah baca. Dan lagi-lagi pula membawa saya ke alam berbeda. Alam dimana sebuah kenyataan dari masa lalu tidak akan pernah bisa diubah. Bahkan menyesali pun sejatinya tidak akan menyelesaikan apapun. Justru mengubah masa yang akan datang menjadi lebih baik dibanding masa lalu, itu masih ada kemungkinan bisa dilakukan.

Begitulah kisah yang dituangkan dalam novel Brisbane ini. Masa lalu pada kehidupan dua manusia, Anggia dan Raka, yang dibesarkan dalam lingkungan yang sama, tetapi sebenarnya mereka sangat berbeda.

Sejak kecil hingga akhirnya di usia kuliah mereka begitu tenang menghadapi kehidupan. Anggia dengan prestasi gemilangnya di sekolah dan digambarkan sebagai sosok yang cerdas dan pejuang mimpi. Sedangkan Raka, sosok kakak laki-laki yang acuh dengan prestasi sekolah. Ya, semua berjalan wajar dan tenang tanpa mereka sadari bahwa ada rahasia besar yang sengaja ditutup rapat pada mereka.

Ketenangan itu berubah ketika Anggia harus melanjutkan pendidikan ke Brisbane. Raka menjadi seperti akan kehilangan sesuatu yang berharga. Karena selama ini mereka begitu dekat dan saling menyayangi satu sama lain sebagai saudara. Tetapi, lambat laun perasaan saling menyayangi itu pun akhirnya mereka pertanyakan pada diri masing-masing. Ada rasa yang lain menyeruak di tengah-tengah kasih sayang mereka sebagai kaka adik selama ini. Raka begitu tidak ingin jauh dari Anggia. Anggia pun demikian tetapi ada cita-cita yang harus dikejarnya di Brisbane. Mereka pun sadar, masa lalu begitu menyakitkan dan berharap masa depan mereka ubah sesuai keinginan mereka.

Sebenarnya apa yang terjadi pada Anggia dan Raka? Rahasia besar apa yang disembunyikan dari mereka berdua?

***

Cerita yang sederhana dan seringkali mendengarnya di kehidupan nyata. Hanya saja tidak menjadikan Brisbane sebagai setting cerita. Dibuat sedemikian ringan namun tetap mempermainkan emosi saat membacanya. Ya, apalagi jika berurusan dengan kehidupan kakak beradik. Novel ini recommended bagi siapa saja yang mengalami masa lalu yang tidak disangka. Sebab, masa depan masih menanti untuk ditaklukkan.

Dari segi layout, desain cover, dan pemilihan font tulisan, bagi saya standar. Andai saja cover –nya dibuat lebih eye catching dengan menggambarkan Brisbane yang dikaitkan dengan inti kisah dalam novel, tentu akan lebih menarik. Tetapi, itu kembali lagi soal selera ^_^

Ada 4 dari 5 bintang untuk novel ini

Tags: , , , ,

ABOUT THE AUTHOR:

3 Comments on this article. Feel free to join this conversation.

  1. Leyla Hana September 2, 2015 at 10:09 pm - Reply

    Alhamdulillah, terima kasih sudah mereview novel ini mbaaak 🙂

    • Rahmah September 4, 2015 at 2:42 pm - Reply

      Terima kasih kembali, Mbak Leyla…
      Ditunggu buku selanjutnya yah… ^_^
      *masih menerima kok, hehehehe

  2. Uniek Kaswarganti September 10, 2015 at 2:31 am - Reply

    Aku belumbaca yang ini nih Ama, jadi pengin juga nih ngikuti kisah Raka dan Anggia.

Leave A Response